Wednesday, November 9, 2011

Mahasiswa Membuat Perubahan Kearah Sosial, Pendidikan

 Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan mahasiswa terhadap apa yang telah dilakukan selama berkuliah. Mahasiswa adalah tingkatan yang paling tinggi di banding dengan tingkatan sekolah TK, SD, SMP, maupun SMA. Sikap positif yang di lakukan mahasiswa bisa berupa seni, budaya, kreativitas, teknologi, sosial dan lain lain yang menunjang bagi kegiatan mahasiswa. Salah satu kegiatan mahasiswa yaitu pendekatan kepada masyarakat untuk sebuah pengabdiannya yang mana citra mahasiswa sebagai tulang punggung bangsa dan pelindung negara. 
   Kegiatan mahasiswa kali ini sebagai pengambian masyarakat, yangmana di lakukan dalam hal pendidikan terhadap anak kecil atau lebih mengarah ke social children. Himps adalah himpunan mahasiswa peduli sosial sebagai salah satu wadah mahasiswa yang dapat menampung minat dan bakat yang ada di dalam hati , untuk mengikuti dan terjun kearah sosial terutama kearah pendidikan, soscial children.
  Salah satu kegiatannya yaitu mengajar. Mengajar sendiri di lakukan di daerah Kedungmundu tepatnya di kelurahan sambiroto Semarang. Pengajarnyapun terdapat beberapa jurusan, fakultas dan universitas di Semarang seperi UNNES, UNISSULA dan UNDIP. Kami menargetkan untuk sementara fokus kedaerah pemukiman yang memungkinkan untuk kami tempatkan sebagai lahan ajar. Mereka hanya membayar 1500-2000 yang digunakan untuk kas dan sebagai uang peralatan mereka. Kami melatih anak-anak itu secara moral, pendidikan dan game pendidikan. Dengan begitu anak juga bisa merasakan secara perubahan yang mendasar, bahkan secara indoor dan outdoor, karena selain belajar di dalam ruangan kami juga memberikan permainan belajar di lapangan terbuka seperti outbond atau kunjungan.
    Kami yang saat ini berbadan di Undip dan tak terkecuali kami juga membuka volenteer untuk teman-teman yang ingin ikut seperti kami dari berbagai kalangan pemuda di semarang.

Anak-anak Sambiroto






Kegiatan mengajar himps



   Hal yang positif ini digunakan mahasiswa untuk mengajar sebagai pendidikan yang utama dengan mendekatkan diri terhadap anak kecil. "Kami tidak meminta bayaran untuk mengajar ini, pastilah nantinya akan ada yang membayar kita yang berbuat seperti ini", Ujar Oky Ketua HIMPS. Tak hanya digunakan sebagai mengajar saja, tetapi banyak aktifitas mahasiswa himps dalam kegiatannya. Kegiatan amal dalam pengumpulan baju bekas yang di sumbangkan di panti asuhan dan orang gak mampu lainnya atau buku bekas sebagai alat membaca yang tidak pernah surut. Hal tersebut mengundang simpatik dan relawan untuk mahasiswa lain menyumbangkan buku dan baju yang sudah layak pakai.
Pengumpulan pakaian bekas untuk baksos
Pengumpulan pakaian yang bekas tetapi layak pakai saat bulan ramadhan. Melalui berbagi sesama, dengan membagikan pakaian atas sumbangan dari beberapa mahasiswa yang terkumpul.
Himps bersama panti Pria foto bersama
 Aktifitas himps saat melakukan bakti sosial di panti asuhan Riyadussalam di daerah segarbenca, Kedungmundu, Semarang. ->
Himps bersama panti wanita foto bersama













   




















   Inilah sebagai wujud mahasiswa yang membuat perubahan melalui jalan sosialnya yang membuat masyarakat merasa senang, dan terkesan dengan pembangunan mahasiswa yang memberi arti penting selain belajar. Dengan mahasiswa yang punya rasa sosial, tentunya di tuntut mahasiswa yang berfikir kreatif untuk setiap kegiatan-kegiatannya. Sebab, dengan mahasiswa berfikir krisis dan kreatif akan membentuk mahasiswa yang membuat inovasi baru yang di tularkan melalui generasinya. Salah satunya dengan belajar outdoor yaitu outbond.
Sedang melakukan permainan rintang jaring

Anak-anak sedang melakukan outbond balap kelereng
<- Salah satu kreatifitas itu dituangkan melalui outbond dan di tuangkan kepada nak-anak, sebagai wadah bermain sekaligus belajar mengenal alam.
Mahasiswa himps sedang memberi pengrahan lomba




























   Itulah sebagian kegiatan dari Himps sampai saat ini yang mengabdikan sosial terhadap masyarakat terutama kepada bidang pendidikan. Harapan kedepan akan bertambah lagi kegiatan positif lainnya dengan mengembangkan kreatifitas dan sarana teknologi, sehingga mahasiswa sebagai pengembang untuk bangsa.
Terimakasih untuk relawan yang sudah bergabung bersama kami . . . . salam mahasiswa !!!
FB : Himps Undip     Twitter : @himps_undip

No comments: