Tuesday, November 8, 2011

Berawal dari Setting Hidup

Siapa Aku? Mau jadi apa aku? Mau di bawa kemana impianku? Ya, pertanyaan yang terlontarkan ketika lulus SMA. Pertanyaan yang memojokkan orang ketika ia lulus dan mempunyai 3 pilihan dalam hidupnya. Banyak yang beranggapan sebelum lulus SMA belum memikirkan apa yang terjadi setelah lulus nanti, bahkan belum mempunyai pemikiran pembentuk sebuah karakter bagi hidupnya. 3 Pilihan itu adalah : 
1. Setelah lulus mau bekerja dengan kemampuan seadanya dan mengandalkan kenalan yang akan melamar kerja, atau mencari kerja dengan petapan dimana seseorang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 
2. Setelah lulus akan melanjutkan kuliah dengan banyak pertimbangan jurusan yang akan di tempuh, biaya yang akan di lalui, tantangan dalam melalui kuliahnya dan berbagai aspek lain yang merupakan pertimbangan cukup matang untuk melaluinya. 
3. Setelah lulus hanya menjadi pengangguran rumah yang hanya bisa menyusahkan orang rummah atau merasa dirinya kaya dengan uang bahkan tidak mempunyai pertimbangan hidupnya untuk melanjutkan dengan apa kemampuan yang dimiliki.

Namun, setelah menentukan apakah setiap menit, setiap jam, waktu di gunakan untuk hal yang berguna selain melakukan aktivitas positif lainnya? tentusaja memerlukan beberapa pemikiran matang untuk memutuskan semua itu. langkah yang mesti di ambil ketika lulus SMA : 
1. Jika anda bekerja dengan kemampuan seadanya, maka cobalah untuk membuat hal yang belum pernah anda lakukan dengan berbagai cara yang menunjukan kalo anda diberi otak, pemikiran yang bisa bekerja dengan normal, berfikir bagaimana bisa menghasilkan sesuatu dengan hal yang belum pernah dilakukan. Pastikan semua itu di iringi doa dan usaha yang keras agar mendapatkan hasil yang maksimal. Mencari informasi apa saja yang menjadi tantangan di dunia pekerja dengan membuat sebuah catatan kecil sebagai bahan untuk mempertimbangkan dan kelak sebagai cermin usaha anda yang telah anda lakukan. Mintalah saran dan masukan kepada rekan, teman, keluarga yang bisa mendorong anda untuk maju dan membuat pikiran anda berkembang. Fikirkan matang tentang semua itu, apakah anda bisa melaluinya dan pilihlah pilihan hidup anda sebagai dunia kerja, bahwa anda lulus SMA mempunya kemampuan yang tak kalah dari orang lain.
2. Jika anda lulus, dengan melanjutkan sebagai mahasiswa atau kuliah, pastikan anda mengambil jurusan yang anda tekuni dan anda minat pad jurusan itu agar kedepan mendapat pandangan yang luar biasa. Ketika anda memilih jurusan yang anda ambil, anda mempunyai 2 kemungkinan yaitu memungkinkan anda lulus dan bekerja sebagai jurusan yang anda pilih, atau sebagai jurusan yang dipilih lslu bekerja dengan jurusan lain. Hal in tidak terpungkiri ketika anda menjalani hidup dengan kebimbangan, maka yang akan anda pilih adalah sebuah tantangan yang mudah yang sering anda lakukan di dalam kehidupan sehari-hari. Maka gunakanlah sebaik baiknya ketika anda menjadi status sebagai seorang mahasiswa yang berani mengeluarkan idea dan pendapat untuk orang banyak. Gunakan untuk mencari kemampuan dan bakat yang and miliki, koreksi apa yang lakukan selama anda TK-Mahasiswa, apakah tindakan anda bermanfaat atau bahkan membuat kesusahan bagi orang lain. Maka sebenarnya dunia mahsiswa itu luas untuk di gali sedalam-dalamnya bila bisa digunakan sebaik-baiknya.
3. Pilihan terakhir ini sebagai penentuan hidup melangkah sebagai pengangguran yang hanya bisa bergantunga pada orang dan yang ada di sekitarnya. Karakter seperti inilah yang tidak mempunyai pandangan hidup. apa yang harus anda lakukan ketika orang lain berkorban untuk mencoba berkorban demi meraih kesuksesan, namun malah menjadi beban untuk orang lain? sama halnya membuat hidup tak menentu akan tujuan anda.

Setting yang mudah adalah ketika anda mengenal namanaya hidup dengan bersyukur, ketika anda mendapatkan apa yang anda miliki dengan membanggakannya dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. 
Dengan begitu membentuklah anda yang sebagai manusia yang pandai bersyukur akan apa yang telah anda terima selama ini. Maka lakukanlah hal yang belum penah anda lakukan, pasti akan mendapatkan makna yang anda capai. Bersikapalah positif terhdap semua hal entah apa yang terjadi di kemudian hari. Langkah awalkan kegiatan anda dengan berdoa, pastikan usaha anda yang anda lakukan tidak merasa sia-sia, karena di balik sia-sia anda terdapat hikmah yang berlimpah. Tentukan tujuan setiap anda melakukan kegiatan pada hari itu juga, agar tujuan anda terbentuk dan terbiasa dengan sendirinya. Maka semua itu akan membentuk penentuan hidup yang akan anda jalankan pada setiap anda melakukan suatu hal.

Mungkin saya mempunyai beberapa solusi untuk kerakter seperti apa anda :
1. Bicaralah kepada cermin dan lihatlah pribadi apakah anda yang akan anda lakukan.
2. Lakukan Kegiatan yang kiranya anda senangi dan pakailah sedini mungkin untuk mengasah kemampuan anda.
3. Bersikaplah sewajarnya apa yang ada di karakter anda dan hargai kepada orang yang anda temui entah itu jelek, cakep dan sebagainya.
4. Tunjukanlah kalau anda mempunyai kemampuan yang bisa anda lakukan karena itu sebagai daya tarik anda.
5. Tentukanlah tujuan anda setelah apa yang anda lakukan dari beberapa kegiatan.
6. Percaya diri dan bersikap apa adanya, karena itu sebagai daya tarik anda. entah itu narsis, lebay, menor dan lain sebagainya.
7. Cobalah apa yang belum anda lakukan, berusahalah dan hadapi dengan senyuman dan syukurulah apa yang anda lakukan saat itu juga.
8. Terakhir, apapun yang akan anda hadapi nanti entah itu hasilnya baik atau jelek. cobalah menilai sesuatu di lihat dari proses dan pemelajarannya. karena apa yang anda kerjakan hari ini, belum tentu bisa terulang di hari kemudian.
Percayalah, karena disetiap jalan pasti ada tikungan dan belokan sehingga, apa kalo kita melangkah tak akan salah dan kehilangan arah. Tinggal diri kita semua yang menentukan karena orang lain hanya mengarahkan untuk anda.

No comments: