Wednesday, December 26, 2012

Pedagang di Kaki Lima Tembalang

Mas Suhan sedang menggiling tebu
Tembalang - Semarang, Pada dasarnya kecamatan Tembalang merupakan daerah yang stratergis dari sisi perekonomian di tahun 2010an ini, sebab dengan adanya mahasiswa yang pindah dari kampus peleburan hingga ke kampus tembalang sangatlah banyak. Adanya mahasiswa yang senang jajan untuk mengisi kekosongan perutnya, sebut saja Agung dari Teknik Mesin angkatan 2012, yang sedang membeli es tebu di pinggir jalan di depan polines mengatakan "bahwa jajanan yang berada di pinggir jalan seperti ini kurang bagus tempatnya dan kurang nyaman". Pedagang yang berbagai macam ada di pinggir jalan di sekitar tembalang dari arah Pom bensin ke polines sangatlah banyak menjajakan makanan maupun barang untuk kerja sambilan dan ada juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

berikut ini wawancara saya dengan salah satu pedagang pinggir jalan di tembalang :
Suhan (23) sebagai penjual tebu
saya   : " Mengapa mas suhan berjualan es tebu?"
suhan : " Karena hanya bisa berjualan tebu saja mas."
saya   : " Apa yang mendorong mas untuk jual di tempat ini?"
suhan : " Cocok dan banyak anak kuliah yang beli mas, bahkan tempat ini sangat stratergis untuk pedagang keliling seperti saya."
saya   : " Sejak kapan mas berjualan disini?"
suhan : " Mulai agustus 2012 ini mas, masih beberapa bulan."
saya   : " Berapa produksi penjualan es tebu ini dalam sehari mas?"
suhan : "Pendapatannya bisa sampai 50 gelas/hari harganya Rp 2000,00 dan saya berjualan dari jam 12.00 sampai 16.00 sehingga sisanya saya nyambi membantu persiapan catering."
saya  : "Bagaimana ide es tebu ini dan mengapa menggunakan sepeda motor?"
suhan : " Idenya berawal dari modal majikan saya untuk memakai motor box yang bisa berkeliling agar mudah menjualnya dan bisa di bawa kemana-mana."
Suhan menambahakan bahwa pedagang kaki 5 ini perlu di perhatikan di beri tempat, agar tempat di pinggir jalan seperti ini di bangun tempat khusus pedagang keliling dan kita sesama pedagang harus saling menjaga kebersihan lingkungan tempat kita jualan ini, agar pembeli nyaman.
Setidaknya setiap hari ada 5 sampai 10 pedagang seperti cimol, es degan, pempek keliling, es tebu, maichi dll, yang bejualan di pinggir jalan sekitar jalan tersebut, selain tempatnya nyaman banyak lalu lalang pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas untuk mampir membeli dagangannya.

No comments: