Friday, January 13, 2012

Profesional dan Konsisten




Awalnya aku mempunyai tujuan ingin menjadi penyiar atau bekerja di media, salah satu stasiun swasta yaitu Trans tv. Ketika masuk semester pertama, untuk beberapa saat mengenal kegiatan di kampus seperti BEM, KINE dan Berita Kampus. Nah karena aku suka organisasi, aku mendaftar Bem Fisip, ntah kenapa seleksi gak lolos padahal teman yang bersama aku yang biasa saja lolos di banding aku yang waktu seleksi aktif. Sempet merasa kecewa juga saat itu, namun sebelumnya ingin mengasah aku menjadi orang film.heheh yah pengen shooting jd juru kamera, ikutlah yang namanya KINE KLUB kayak belajar buat film gitu. Yah apa yang dikata ternyata tahun pertama aku masuk UKK itu belum bergerak aktif, waktu pertama tau ada kegiatan mahasiswa mengenai peliputan suatu berita yang bekerjasama jurusan komunikasi dengan dtasiun TV lokal, namanaya Berita Kampus. Sempet sebulan ikut berita kampus, hampir magang, eh karena terjadi keluar kata-kata pas ketemu manager yang baru keceplosan deh.

Udah kegiatan kampus belum ikut, akhirnya mulai awal 2011 aku di kenalin  sama orang yang suka ngajar. Namanya mas wahyu yang mangajakku untuk memberikan tawaran mengajar sukarela, malah pernah dapet bayaran juga berkat mengajar itu. Secara langsung baru tau menghadapi anak itu seperti apa dan mempunyai kesan tersendiri. Awalnya bingung juga mau ngajar, berhubung suka sama matematika dan demen banget ama itung-itungan, akhirnya jadi pengajar metematika SD/SMP. Kepikiran juga sebagai mahasiswa ikut prihatin atas pendidikan sekarang yang memburuk baik secara anak maupun edukasinya.

Sampai bulan april aku berniat mencari voulenteer yang mau dan suka anak-anak untuk mengajar dan kegiatan sosial lainnya. Mulai dari lewat jejaring sosial sampai selebaran pamflet aku tempelin di masing-masing fakultas di UNDIP. Gak lama akhirnya dapet temen dari undip dan luar undip, bahkan pernah mendirikan organisasi ini mendapat ejekan dan perlakuan yang gak enak dari temen. Mulai mengenalkan kegiatan yang aku tekuni dengan menjadi pengajar dan sukarelawan untuk bakti sosialnya. Satu persatu berjalan hingga membuka link dan kerjasama kepada teman-teman yang berada di jurusan lain. Dengan berbasis sosial educations, minat temen-temen senang dengan kegiatannya, sekaligus awalnya 5 pengajar menjadi 30 pengajar sampai bula ini. 

Awalnya aku yang punya tujuan kearah stasiun televisi, dan suka dengan seni, namun itu belum terlupakan karena sekarang tujuanku jelas ingin menjadi orang yang bisa berguna dan membantu. Bisa berhubungan dengan masyarakat dan orang yang membutuhkan. Apalagi kalo suatu saat bisa mendirikan LSM atau ikut Badan yang berbasis sosial sampai dinas-dinas yang terkait.
Makasih buat temen-temen yang udah support HIMPS, BEM KM dan yang dari luar udah dukung dan udah pernah join dari berbagai jurusan dan universitas lain.

No comments: